Search

Kevin Aprilio Bagikan Cara Lunasi Utang Belasan Miliar - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Musikus Kevin Aprilio mengaku berutang Rp 17 miliar ke belasan orang. Uang sebanyak itu, ia gunakan untuk mengembangkan usahanya, namun sayangnya ia malah terlilit utang.

Kevin berusaha mengganti dan melunasi utang-utangnya. Dalam kurun waktu empat tahun, ia berhasil membayar semua itu. "Ada empat step yang saya lakukan, ini sangat penting dilakukan," kata dia dalam vlog yang ia unggah di Youtube, Ahad, 23 Juni 2019.

Kevin mengaku, ketika pertama kali menyadari terlilit utang, mentalnya diuji. Hal pertama yang ia lakukan adalah menenangkan dan mendekatkan diri pada Tuhan. Kevin berujar, ketika dalam posisi ini, ia menerima keadaannya dan berusaha bangkit lagi.

Setelah menerima keadaannya yang sedang terpuruk, Kevin menyusun kembali visi dan misi melunasi utang. Ia membuat gagasan dan strategi yang akan ia lakukan untuk membayar semua pinjaman uang yang sebelumnya ia lakukan.

Hal kedua yang ia lakukan, ialah menemui debitur yang meminjamkan uang kepadanya. Menurutnya, hal tersebut penting, di mana ia menunjukkan itikad baik untuk mengembalikan pinjaman, walau saat itu ia sedang terpuruk perekonomiannya.

"Seenggaknya ada satu poin plus oleh lawan main anda, anda menunjukan sikap bahwa anda ingin bertanggungjawab dan anda akan datang untuk bertanggung jawab," tutur Kevin.

Menurutnya, dengan ia datang sebelum ditagih dan dicari, merupakan nilai plus, jika ia benar-benar bertanggung jawab atas pinjaman tersebut. Kevin pun mengakui kesalahan yang ia buat, sehingga mengakibatkan bangkrut hingga Rp 17 miliar.

Saat bertemu, ujar Kevin, ia datang dengan gagasan baru, yaitu upayanya dalam melunasi utang. Kevin menyarankan, di tahap ketiga ini, gagasan tersebut harus matang dan dibuat berbegai skema pelunasan.

Jika tidak, ujar Kevin, malah akan menambah masalah baru. Menurutnya, pasrah tanpa adanya gagasan beru, tidak akan menyelesaikan masalah. "Sebelum bertemu anda punya rencana yang anda harus sangat yakini," kata Kevin.

Hal terakhir yang Kevin lakukan dalam melunasi utangnya, ialah bekerja keras. Kevin mengatakan, ia terus bekerja menjalani skema pembayaran utang yang ia rencanakan sebelumnya. Ternyata, dalam waktu empat tahun ia berhasil melunasi utang-utang tersebut.

Baca juga: Pesan Kevin Aprilio untuk Artis yang Ogah Ditanya Media

CHITRA PARAMAESTI

Let's block ads! (Why?)


https://seleb.tempo.co/read/1217482/kevin-aprilio-bagikan-cara-lunasi-utang-belasan-miliar

2019-06-23 11:24:38Z
52781673336417

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kevin Aprilio Bagikan Cara Lunasi Utang Belasan Miliar - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.