Search

Pecat Caleg Terpilih dan Kerek Mulan dkk, Gerindra Disebut Otoriter - detikNews

Jakarta - Lima caleg terpilih dipecat Partai Gerindra. Sebagai gantinya, nama-nama di bawahnya terkerek ke Senayan, termasuk Mulan Jameela. Alasan pemecatan lima caleg terpilih itu tidak jelas. Gerindra dinilai otoriter.

"Partai tidak boleh otoriter. Bagaimana mungkin partai sebagai institusi demokrasi memecat orang dengan tidak demokratis?" kata Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, kepada wartawan, Senin (23/9/2019).


Para caleg terpilih yang dipecat Gerindra adalah Ervin Luthfi, Fahrul Rozi, Sigit Ibnugroho Sarasprono, Yusid Toyib, dan Steven Abraham. Nama-nama yang menggantikan mereka adalah Mulan Jameela, Sugiono, Katherine A OE, dan Yan Permenas Mandenas.
Hal ini tercantum dalam salinan Surat Keputusan KPU 1341 pl.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019. Komisioner KPU Ilham Saputra sendiri tidak membantah kebenaran surat ini.

"Caleg terpilih tidak boleh dipecat hanya karena ada orang yang lebih dikehendaki oleh partai. Partai tidak boleh melawan kehendak rakyat, karena kita menganut sistem proporsional terbuka dengan suara terbanyak," kata Titi.

Let's block ads! (Why?)


https://news.detik.com/berita/d-4718393/pecat-caleg-terpilih-dan-kerek-mulan-dkk-gerindra-disebut-otoriter

2019-09-23 12:33:50Z
52781813610097

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pecat Caleg Terpilih dan Kerek Mulan dkk, Gerindra Disebut Otoriter - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.